PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS
Abstract
The aims of research were to improve activity and study result by implementation of inquiry methods. The method of research was Classroom Action Research that consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of research data collection used observation sheet and test. The technique of data analyze used qualitative and quantitative analyze. The result of research showed that implementation of inquiry methods can improve the activity and study result of student.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan metode inkuiri. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar siswa, metode inkuiri.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Ramayulis. 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sumantri, M.N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PPS-UPI dan PT Remaja Rosdakarya.
Supriatna, Nana, dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.
Tim Penyusun. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Tim Penyusun. 2009. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Wahab, Abdul Azis. 2009. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Wardhani, I.G.A.K, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardoyo, S. M. 2013. Pendekatan Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.