PENGARUH AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI

Suciningtyas Apriyanti, Riswanti Rini, Arwin Achmad

Abstract


The purpose of this research is to find out the difference and the influence of study activities by applying inquiry learning strategy for student study result. Sampling in this research is using by surfeit sampling technique and this research also use one group pretest-postest design. The data analysis techniques of cognitive aspect study result is using pretest-postest scores. The difference of study result be examined is paired sample t test and the influence of activities for study result be examined is regression linier test. From this research, it were obtained deviation of mean pretest and posttest about 21,17 and value of thitung about 23,954. Furthermore, it also obtained a value of R Square about 0,322 or 32,2%. Based on that result, it can be concluded that there are significant difference study result between before and after SPI application, and there is also positive and significant influence between activities and student study result by inquiry learning strategy application

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan dan pengaruh aktivitas belajar melalui penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan penelitian ini mengunakan desain one group pretest-posttest. Teknik analisis data hasil belajar ranah kognitif menggunakan skor pretest-posttest. Perbedaan hasil belajar diuji menggunakan paired sample t test dan pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar diuji menggunakan uji regresi linier. Hasil penelitian ini adalah diperoleh selisih mean pretest dan posttest sebesar 21,17 dan nilai thitung sebesar 23,954. Selain itu, diperoleh nilai R Square sebesar 0,322 atau 32,2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan SPI, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan SPI.


Kata kunci : aktivitas belajar IPA, hasil belajar, strategi pembelajaran inkuiri


References


Brahim, K.T. 2007.Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV SD Melalui Pendekatan Penempatan Sumber Daya Alam Hayati Di Lingkungan Sekitar.(online) 8 april 2014

Hamalik, O. 2013.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Herlina, K. 2005. Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas 2 SMP N Bandar Lampung. (online). Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 3(1).Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/index.php/JPFI/article/download/143/148. (1 agustus 2014)

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Guru Materi ImplementasiKurikulum 2013 SMP/ MTs Ilmu Pengetahuan Alam.Jakarta :BPSDMPMP.

Mariana, I. M. A. dan P. Wandy. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: PPPPTK IPA

Rusman, T. 2008. Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS Edisi Revisi. Bandar Lampung :ModulSPSS

Sadirman, A.M. 2003. Interaksi Dan Motivasi Belajar dan Mengajar.Yogyakarta : Rajawali Press

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta

Susanto, A. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta :Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.