PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI IPA

Yosi Dwi Parleni, Chandra Ertikanto, Sasmiati Sasmiati

Abstract


The purpose of this research is to know the influence of inquiry learning model application towards science material concept understanding in grade V of Sidosari Elementary School, Natar. This research used pretest-posttest control group design. The population of this research were all students grade V of Sidosari Elementary School, Natar. The sample of this research were students of VA as the experimental class and VC as the control class. Technique of sample taking was using simple random sampling. Technique of data accumulating was using test. This research used quantitative data in form of pretest-posttest value data which converted into gain scores. The result and data gain analysis showed that the average of gain class used inquiry learning model is higher than conventional learning. It could be concluded that inquiry learning model influence to science material concept understanding in grade V of Sidosari Elementary School, Natar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep materi IPA di kelas V SD Negeri Sidosari Kecamatan Natar. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sidosari Kecamatan Natar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pemahaman konsep siswa menggunakan teknik tes. Data penelitian yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data nilai pretest-posttest yang dikonversikan ke dalam bentuk skor gain. Hasil penelitian dan analisis data gain menunjukkan hasil rata-rata gain kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari rata-rata gain kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap pemahaman konsep materi IPA di kelas V SD Negeri Sidosari Kecamatan Natar.

Kata kunci: materi IPA, model pembelajaran inkuiri, pemahaman konsep


References


Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Doni, Hendrawan. 2008. Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pencapaian Kompetensi Belajar Siswa. Lampung: Tesis Pascasarjana Teknologi Pendidikan Universitas Lampung.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Prantalo. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry) terhadap Hasil Belajar IPA bagi Siswa Kelas V Semester II SD Negeri Manggihan Kecamatan Getasan Tahun Pelajaran 2011/2012. Salatiga: Skripsi Universitas Kristen Satya Wacana.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Soesanti, N. 2005. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Model Pembelajaran inkuiri tidak terbimbing (Free Inquiry) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Bandung: Tesis PPS UPI.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Vestari, D. 2009. Model Pembelajaran Berbasis Fenomena dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.