PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI INDEX CARD MATCH

Bagus Riyan, Siswantoro Siswantoro, Herman Tarigan

Abstract


The aims of research were to increase the activity and study result through implementation of index card match. The method of research was Classroom Action Research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. Implementation of index card match can increase activity and study result.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan index card match. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penerapan index card match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, index card match


References


Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Terjemahan Muttaqien, Raisul. 2006. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.