HUBUNGAN AKTIVITAS DENGAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
Abstract
This research is using one group pretest-posttest design. Pretest and posttest score are used as data gathering technique of activity data, it gathered from the observers observation. Relation between activity and students understanding are examined by the correlation test and dissimilarity of understanding by paired sample t test. The result of this research show 0.56 as grades of pearson correlation with medium category, and Sig. grade (2-tailed) is 0.00. Difference between mean of pretest and post test is 27.98 and score of t. count is 17.97. Based on the result, it can be concluded that there is significant and positive correlation between activities and students concept of understanding by applying learning inquiry concept. The difference of understanding concept in before and after applying inquiry method also exists.
Penelitian ini mengunakan desain one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data pemahaman konsep menggunakan skor pretest-posttest dan data aktivitas diperoleh dari hasil pengamatan oleh observer.Hubungan antara aktivitas dengan pemahaman konsep siswa diuji menggunakan uji korelasi dan perbedaan pemahaman konsep menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai pearson correlation sebesar 0,56 dengan kategori sedang dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 kemudian selisih mean pretest dan posttest sebesar 27,98 dan nilai t hitung sebesar 17,98. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas dan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dan terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran inkuiri.
Kata kunci: aktivitas belajar IPA, model pembelajaran inkuiri, pemahaman konsep
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi SD/MI. Jakarta.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tentang Standar Isi. Jakarta: Kemendikbud.
Ervina. 2006. Meningkatkan Aktivitas, Minat dan Penguasaan Konsep Materi Pokok Usaha dan Energi menggunakan Metode Analogi dan Demonstrasi Pada Pendekatan Kontruktivisme PTK Pada SMPN 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.
Hartono. 2013. PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa.
Putriyanti. 2005.Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Pokok Bahasan Kalor dan Getaran SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajarn 2004/2005. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Kencana.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Harisma Putra Utama
Refbacks
- There are currently no refbacks.