MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

Jurus Setiawan, Siswantoro Siswantoro, Mugiadi Mugiadi

Abstract

The purposes of research were to increase students reading comperehension skill and learning activity by PAIKEM model. The method of research was classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection that used were non test and test. The technique of data analysis that used were qualitative and quantitative analysis. The results of research indicated that the applications of PAIKEM model could increase students reading comperehension skill and learning activity.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan model PAIKEM. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PAIKEM dalam pembelajaran membaca pemahaman dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Kata kunci : aktivitas, keterampilan membaca pemahaman, PAIKEM.

References

Ambarjaya, Beni S. 2008. Model-model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta Emas

Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas untuk: Guru. Bandung: Yrama Widya

Asnawi, Fuad. 2003. Upaya Peningkatan Membaca Pemahaman. http://www.pustakaskripsi.com/search/keterampilan-membaca-pemahaman. diakses tanggal 29-12-2011 pkl. 16.29 WIB

Ismail, SM. 2009. Strategi Pengajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Semarang: Rasail

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Syah, Muhibin & Kariadinata, Rahayu. 2009. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Jati: Bandung

Refbacks

  • There are currently no refbacks.