PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Melda Sari, Supriyadi Supriyadi, Ahmad Sudirman

Abstract

The scenery of this research were learning result at the first grade of IVC class at state elementary school Metro Timur. The aims of this research were to improve learning result by implementation of strategi active learning type everyone is a teacher here. The kind of research was classroom action research was executed through 3 cycles. Every cycles consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection used observation sheet and worksheet test. The technique of data analyze used qualitative and quantitative analyze. The results of research showed that implementation of learning everyone is a teacher here can improve learning result of students.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV C SDN 4 Metro Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran aktif tipe semua bisa jadi guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang didapat dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif tipe semua bsa jadi guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Pembelajaran Aktif Tipe Semua Bisa Jadi Guru, hasil

 

 


 

 

 

 

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Dini. Rahma. P. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. http//Prize.com/ewged-qv3sne/penerapan-strategi-pembelajaran-everyone-is-a-teacher-here-untuk/. (diakses pada 27-05-2014 @20-12)

Kd. Hendra. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 2 Dangin Puri. http://eprints.uny.ac.id/ipi105557/1/Bab2.pdf. (diakses pada 24-03-2013 @10:35)

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan

Kurniawati. Evi. F. 2013. Pengaruh Model Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Patemon 02. http.library.ikippgrismg.ac.id/docfiles/fullfext/970zccdad55eb695.pdf. (diakses pada 27-05-2014 @ 19:25)

Musfa. Jejen. 2012. Pendekatan Pendidikan Holistik. Prenada Media Group. Jakarta.

Rieska F. 20112. Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 SMA

Negeri 10 Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/8727/3/BAB/2/20/pdf. (diakses pada 24-03-2013 @10:11)

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nusamedia. Bandung.

Susanto, A. 2013. Teori Belajat dan Pembelajarn di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Winataputra. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Rineka Cipta. Jakarta.

Yastri. Dora. 2013 Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar. Jurnal.stkip-pgri-sumbar-ac.id/mhsbio/index/9/9. (diakses pada 27-05-2014 @19:38)

Zaini, Hisya. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Madani. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.