LEARNING STRATEGIES TIPE PQ4R UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV C

Zulia Astriani, Rapani Rapani, Ahmad Sudirman

Abstract


The aims of research are to increase the study result of students through implementation of learning strategies type PQ4R. The method that was used in this research is Classroom Action Research that consist of four steps, namely planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used is observation sheet and test. The technique of data analysis used is qualitative and quantitative analysis. Implementation models of learning strategies type PQ4R can increases the study result.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model learning strategies tipe PQ4R. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat Pengumpul data yang dipakai adalah lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuanitatif. Penerapan model learning strategies tipe PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar.

 

Kata kunci: hasil belajar, learning strategies, PQ4R

   

References


Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa. 2011. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Tematik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Saminanto. 2012. Mengembangkan RPP Paikem, EEK, dan Berkarakter. Semarang: Rasail Media Group

Syaefudin Saud, Udin. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Upi press

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kemendikbud


Refbacks

  • There are currently no refbacks.