STUDI DESKRIPTIF TENTANG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SEKOLAH DASAR

Lutfiqah Nursaidha, Een Yayah Haenilah, Sasmiati Sasmiati

Abstract


This research is focused on the implementation of thematic learning in the elementary school at Bandar Lampung. The purpose of the research is to describe the planning which made by teachers before implementing thematic learning and describe the implementation of thematic learning by teachers. This research was conducted at four elementary schools in Bandar Lampung which already implementing curriculum of 2013. This research was analyzed by mixture of quantitative analysis techniques-qualitative. The results of this research showed that all teachers prepare the planning for teaching (RPP), but the RPP only move the components in the teacher guide book into the planning thematic learning. Implementation of thematic learning has not been fully implemented. The thematic learning very needs support of media, but only some teachers are using it. That thing give the influence of the thematic learning implementation effectiveness.

Penelitian ini berfokus pada implementasi pembelajaran tematik pada Sekolah Dasar di Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan yang dibuat oleh guru sebelum mengimplementasikan pembelajaran tematik dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di empat Sekolah Dasar di Kota Bandar Lampung yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Penelitian ini dianalisa menggunakan teknik analisis data campuran kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukan bahwa, semua guru menyiapkan RPP untuk mengajar, tetapi RPP tersebut hanya memindahkan komponen-komponen yang terdapat dalam buku panduan guru kedalam perencanaan pembelajaran tematik. Implementasi pembelajaran tematik belum terlaksana seutuhnya. Pelaksanaan pembelajaran tematik sangat memerlukan dukungan media, dan hanya sebagian guru yang menggunakannya dalam pembelajaraan, hal ini sangat mempengaruhi efektifitas pada implementasi pembelajaran tematik.

Kata kunci: kurikulum 2013, implementasi pembelajaran, pembelajaran tematik.


References


Hernawan, Asep Herry. 2008. Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: DIVA Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.