PENERAPAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The aims of the research were to increase the study result of students by implementation of value clarification technique in thematic learning. The method of the research was classroom action research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and written test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of the research showed that the implementation of value clarification technique can increase the study result of students.
Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan value clarification technique dalam pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan value clarification technique dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran tematik, value clarification technique
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendididikan Dasar dan Pembinaan Sekolah Dasar.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
_________. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Taniredja, Tukiran. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
UU No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.