MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
Abstract
The aims of this research are to increase the activity and the learning result of the students through the implementation of project based learning model at the fourth grade of Sulaiman class at state elementary school Muhammadiyah Metro Pusat. The kind of this research is Classroom Action Research (CAR). This research have done for three cycles. One cycle consist of four steps (planning, acting, observing, and reflecting). The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analyze used qualitative and quantitative technique. The result of the research showed that the implementation of project based learning model can increase the activity and the learning result of the students.
Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model project based learning pada kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Alat pengumpul data menggunakan lembar panduan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, project based learning
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Antari, Dian. 2014. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15704. diakses pada tanggal 22 Agustus 2014 @ 23.16 WIB.
Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.
Kunandar.2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sani, Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, Muhammad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.