PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Indah Suriyana, Syaifuddin Latief, Sugiman Sugiman

Abstract


The purpose of this research is increasing the student learning outcomes on the theme of my food is healthy and nutritious by implementation of Problem Based Learning model. The method of research used classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection used non test and test. The results of research showed that implementation of Problem Based Learning model on the theme of my food is healthy and nutritious can improve the student learning outcomes.The result in the first cycle is 62,14%, in the second cycle is 71,69%, and in the third cycle is 76,73% with ‘good’ category.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema makananku sehat dan bergizi dengan menggunakan model Problem Based Learning. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada tema makananku sehat dan bergizi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 62,14% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 71,69%. Pada siklus III presentase nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 76,73% dengan kategori “baik”.

Kata kunci: hasil belajar, model problem based learning, tema makananku sehat dan bergizi


References


Arikunto,S. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Jihad, A dan Abdul, H. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Semester II. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Prastowo, A. 2013.PengembanganBahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.