MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR
Abstract
The aims of this research are to increase the problem solving skill and the learning result of the students through the implementation of project based learning model at the fourth grade of A class at state elementary school Metro Pusat. The kind of this research is Classroom Action Research (CAR). This research have done for two cycles. One cycle consist of four step (planning, acting, observing, and reflecting). The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analyze used qualitative and quantitative technique. The result of the research showed that the implementation of project based learning model can increase the problem solving skill, affective, and the cognitive learning result of the students. This case can be seen from the average score of the students’ problem solving skill, affective and the students’ cognitive learning result from categories enough to categories very good.
Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek pada kelas IV A SD Negeri 1 Metro Pusat. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Alat pengumpul data menggunakan lembar panduan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, afektif, dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah, afektif, dan hasil belajar kognitif siswa dari kategori cukup menjadi kategori sangat baik.
Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran berbasis proyek, pemecahan masalah
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Komalasari, Kokom. 2010 .Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pres.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rustaman, Nuryani, dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Ptogresif. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.