PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PETA MENGGUNAKAN MEDIA PETA PUZZLE

Cica Anggun Lestari, Ngadimun HD, Syaifuddin Latif

Abstract

The purpose of this study is to determine learning result map reading and improvement of teacher performance by using a puzzle map media. Research type  is  Classroom Action Research. Subjects were fourth grade students of SD Negeri 1 Gumukmas. Collecting data using observation sheets, worksheets, evaluations, and list the value of learning result. Data were analyzed using qualitative descriptive analysis and percentages. The results are: cognitive domain is 72% in the first cycle, 80% in the second cycle, to 88% in the third cycle. Affective domain is 60% in the first cycle, 72% in the second cycle, to 84% in the third cycle. Psychomotor domain is 76% in the first cycle, 88% in the second cycle, to 92% in the third cycle. Teacher performance is 72.83 in the first cycle, 75 on the second cycle, and became 84.78 on the third cycle.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar membaca peta dan peningkatan kinerja guru dengan menggunakan media peta puzzle. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Gumukmas. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar kerja, evaluasi, dan daftar nilai hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan persentase. Hasil penelitian yaitu: Ketuntasan ranah kognitif adalah 72% pada siklus I, 80% pada siklus II, menjadi 88% pada siklus III. Hasil belajar ranah afektifadalah 60% pada siklus I, 72% pada siklus II, menjadi 84% pada siklus III. Hasil belajar ranah psikomotor adalah 76% pada siklus I, 88% pada siklus II, menjadi 92% pada siklus III. Kinerja guru adalah 72,83 pada siklus I, 75 pada siklus II, dan menjadi 84,78 pada siklus III.

Kata kunci: hasil belajar, kinerja guru, media peta puzzle.

References

Afikri. 2013. Indahnya Negeriku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aqib, Z. 2006. Model-model Media, Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hendarni, D. 2006. Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik. Malang: Universitas Negeri Malang.

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Sowiyah. 2010. Pengembangan Kompetensi Guru SD. Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.