TAKE AND GIVE DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Tri Wahyunitasari, Ahmad Sudirman, Yulina Hamdan

Abstract


The aims of research are to increase activity and study result through implementation of take and give with graphic media. The method of research was Classroom Action Research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. Implementation of take and give with graphic media can increase activity and study result.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan take and give dengan media grafis. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penerapan take and givedengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Kata kunci: aktifitas, hasil belajar, media grafis, take and give


References


Angkowo dan Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

________. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis disertai dengan contoh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadiman, Arif S. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Tim penyusunan. 2003. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Rineka Cipta.

Wardhani, Igak. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.