PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Mayang Saputri, Mugiadi Mugiadi, Muncarno Muncarno

Abstract

The aims of research are to improve activity and learning result of student. The method of research was classroom action research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection were formative test and observation sheet. The technique of data analysis used qualitative analysis and quantitative analysis. Implementation of problem solving method can improve activity and learning result of student. 

 

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah tes formatif dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penerapan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode problem solving.

References

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Unversitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.