HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

Nio Wicak Kuncoro, Baharuddin Risyak, Riyanto M.Taruna

Abstract


The aim of the research is to find the correlation between the pedagogic competence of teacher with the learning result of social studies. Collecting the data use a questionnaire to pedagogic competence of teacher, and worksheet or test to the learning of data result. The data is analyzed with Product Moment Correlation formula. The result of the research showed that based on research data obtained correlation between the number of X variables (pedagogic competence of teachers) and the variable Y (social studies student learning result) of 0,784 that means the correlation is positive. With t count than t tabel or 12,716 > 2,022, then Ho is rejected, meaning Ha which says there is a positive relationship between teacher pedagogic competence teacher with the results of social studies grade V students of elementary school Labuhan Ratu year 2013/2014 can be accepted.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar IPS siswa. Teknik analisis data kompetensi pedagogik guru menggunakan angket dan hasil belajar IPS menggunakan hasil belajar ulangan ganjil tahun 2013/2014. Pengujian data menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan data hasil penelitian diperoleh angka korelasi antara Variabel X (kompetensi pedagogik guru) dan Variabel Y (hasil belajar IPS siswa) sebesar 0,784 itu berarti korelasi tersebut positif. Dengan t hitung lebih besar dari t tabel atau 12,716 > 2,022, maka Ho ditolak, artinya Ha yang berbunyi ada hubungan yang positif antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung tahun 2013/2014 diterima.

Kata Kunci: hasil belajar, hubungan, kompetensi pedagogik guru.


References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2009. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sumantri, Mulyani. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana.

Usman, Moh Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.