PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Ai Dasima, Syaifuddin Latief, Erni Mustakim

Abstract


The problems of this research were low learning result and teacher’s performance. The aims of this research were to increase learning result students and teacher’s performance grade IVA elementary school 4 Natar with implementation guided inquiry approach. Method this research use Classroom Action Research. Instrument research use observation paper and question test. Analyzed data with qualitative and quantitative. Result of research indicated that guided inquiry approach can increase  students learned result and teacher’s performance. It can be seen from percentage pass value of students cognitive learned result in the first cycle (73,08%), second cycle (84,62%), third cycle (88,46%). Percentage pass affective in the first cycle (46,15%), second cycle (69,23%), third cycle (80,77%). Percentage pass psychomotor in the first cycle (76,92%), second cycle (80,77%), third cycle (88,46%). The value of  teacher's performance in the first cycle (75), second cycle (81,25), third cycle (81,25).

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kinerja guru kelas VIA SD Negeri 4 Natar menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing pada tema cita-citaku. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan dan soal tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar dan kinerja guru dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan nilai hasil belajar kognitif siswa siklus I (73,08%), siklus II (84,62%) dan siklus III (88,46%). Persentase ketuntasan nilai hasil belajar afektif siswa siklus I (46,15%), siklus II (69,23%) dan siklus III (80,77%). Persentase ketuntasan nilai hasil belajar psikomotor siswa siklus I (76,92%), siklus II (80,77%) dan siklus III (88,46%). Sementara nilai kinerja guru siklus I (75), siklus II (81,25) dan siklus III (81,25).

Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, tema cita-citaku.

References


Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.

Jihad, A dan Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Hidayati dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan IPS. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Poerwati, L E dan Amri, S. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya


Refbacks