MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR

Veridiana Eka Christy, Darsono Darsono, Yulina Hamdan

Abstract


The aims of research were to increase creative thinking skill and study result by implementation of problem posing model. The method of research was classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection used non test and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The results of research showed that implementation of problem posing model for thematics learning can improve creative thinking skill and study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar dengan menerapkan model Problem Posing. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Posing dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, keterampilan berpikir kreatif, model problem posing.


References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husamah, dan Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Percakapan Kopetensi. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil dan Proses Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Thobroni, Muhammad & Arif Pustofa. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tim Penyusun. 2009. UU Sisdiknas (UU RI No. 20 Th 2003). Jakarta: Sinar Grafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.