MODEL EXCLUSIVE DENGAN METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MITIGASI LONGSOR

Serlia Hendriyani, Sowiyah Sowiyah, Mugiadi Mugiadi

Abstract


The aims of research were to increase landslide mitigation competences through EXCLUSIVE model with games method. The method of research was Classroom Action Research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and test. Qualitative and quantitative technique were used to analyze data. The results of the research showed that the implementation of EXCLUSIVE model with games method can improve the landslide mitigation competences.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kompetensi mitigasi bencana longsor melalui model EXCLUSIVE dengan metode permainan. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model EXCLUSIVE dengan metode permainan dapat meningkatkan kompetensi mitigasi siswa.

Kata kunci: kompetensi, metode permainan, mitigasi, model  EXCLUSIVE.


References


Abdurrahman, Wini Tarmini & Budi Kadaryanto. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berorientasi Kemampuan Metakognitif untuk Membentuk Karakter Literate dan Awareness Bagi Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Rawan Bencana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains UNS-Solo.

Amin, AM. ‎2011. Kompetensi. (online), (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23177/3/Chapter%20II.pdf‎, diakses pada Minggu, 2 Februari 2014).

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dirjen Dikti. Definisi dan Pengertian Kompetensi Dan Learning Outcomes Disarikan dari Berbagai Sumber. 2011. (online), (http:// www.dikti.go.id/files/atur/KKNI/Kompetensi-LO.pdf‎, diakses pada Minggu, 2 Februari 2014).

Kukuh. 2007. Waspada Longsor. Jakarta: Karsa Media.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Paimin, dkk. 2009. Teknik Mitigasi Banjir dan Tanah Longsor. Bogor: Tropenbos International Indonesia Programme.

Resmini, Novi & Dadan Juanda. 2007. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supendi, Pepen & Nurhidayat. 2008. Fun Game. Jakarta: Penebar Swadaya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (online), (luk.tsipil.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf, diakses pada Sabtu, 12 Oktober 2013)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. (online), (www.bnpb.go.id/uploads/migration/pubs/1.pdf, Sabtu, 12 Oktober 2013)

Triatmadja, Radianta. 2010. Tsunami: Kejadian, Penjalaran, Daya Rusak dan Mitigasinya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.