PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DAN MEDIA GRAFIS

Ayu Pakarti Dewi, Alben Ambarita, Ahmad Sudirman

Abstract

The aims of this research were to increase the activities and study result of students by implementing of cooperative learning type think pair share and graphic media. The method of research was Classroom Action Research. The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative technique. The result of the research showed that the implementation of cooperative learning type think pair share and graphic media increase the activities and study result of students in thematic learning.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan cooperative learning tipe think pair share dan media grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpul data menggunakan lembar panduan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan cooperative learning tipe think pair share dan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media grafis, think pair share

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Startegi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Sientific. Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grassindo.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja. Bandung: Rosdakarya.

Thobroni, Muhammad, & Arif Mustofa. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Undang-undang Nomor 20. 2003. Sistem Pendidkan Nasional. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.