PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS IVA SDN 1 METRO BARAT

Sinta Mahardiyanti, Supriyadi Supriyadi, Ahmad Sudirman

Abstract


The aims of research were to increase study result of the students class IVA SDN 1 Metro Barat through contextual approach. The method of research was Classroom Action Research that consist of  planning, acting, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and test. Qualitative and quantitative technique were used to analyze data. The results of the research showed that the implementation of contextual approach can improve the study result of competencies attitudes, knowledge, and skill.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 1 Metro Barat melalui pendekatan kontekstual. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kata kunci: keterampilan, pendekatan kontekstual, pengetahuan, sikap


References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud.2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 Kelas IV. Jakarta: Badan PSDM-PMP

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik:Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Bandung: Rajagrafindo Persada.

Sakti, Erma Octaviani.2013. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran IPA Materi Jenis-jenis Tanah di Kelas V. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

Sani, Ridwan Abdullah.2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Takari R, Enjah. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Genesindo.

Tim Penyusun. 2011. Kelebihan dan Kelemahan CTL. http://www.sekolahdasar.net/2012/05/kelebihan-dan-kelemahan-pembelajaran.html. Diakses Rabu, 15 Januari 2014.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik:Bagi anak usia dini TK/RA & anak usia kelas awal SD/MI. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.