PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INKUIRI

Sherli Aprilia, Supriyadi Supriyadi, Ahmad Sudirman

Abstract

The aims of this research were to increase the study result of students by implementation of inquiry method . The kind of research was classroom action research with planning, acting, observation, and reflection step. The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of the research showed that implementation of inquiry method can increase the study result of competencies attitudes, and skill.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kata kunci : keterampilan, metode inkuiri, pengetahuan, sikap

References

Hernawan, Asep Herry. 2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Kemendikbud. 2014. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Semester II. Kemendikbud. Jakarta.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.

Rusmono. 2012. StrategiPembelajaran dengan Based Learning Itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. InovasiPembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

Sudjana, Nana. 2012. PenilaianHasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Trianto. 2011. Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.

Wati, Mega Rina. 2012. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Inquiry pada Pembelajaran Matematika. Skirpsi tidak diterbitkan. Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Winataputra, Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiriatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.