PERMAINAN BAHASA DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Astri Wahyuningtiasih, Ahmad Sudirman, Asmaul Khair

Abstract


The background of this research were low activity and study result of B class of the Ist grade SD Negeri 1 Metro Pusat. The aims of  research were to increase the activities and study result of the students through the language game with picture media. The kind of research was classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection  used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The results of research showed that language game with picture media can  increase activities and study result of students.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I B SDN 1 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui permainan bahasa dengan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data aktivitas siswa dan hasil belajar dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan permainan bahasa dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci:  aktivitas, hasil belajar, media gambar, permainan bahasa.


References


Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djuanda. 2006. Soeparno.https://www.google.com/search?q=wordpress.com. pengertian+permainan +bahasa. Diakses pada tanggal 2 febuari 2014 @ 10.47 WIB.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Mulyasa, 2013. Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta. Delia Press.

Rusman. 2009. Manejemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suyanto. 2005. Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Grasindo.

UU No. 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Wardani. I.G.A.K. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin S. 2008. Materi Pokok Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.