PENGGUNAAN MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU

Fenti Miftahul Jannah, Asmaul Khair, Rapani Rapani

Abstract


The research were based on the low activity and study result of the students at the first grade of A class at state elementary school 7th Metro Pusat. The aims of research were to increase the activity and study result of the students through the use of visual media. The method used was Classroom Action Research with every cycle phases, including planning, acting, observation, and reflection. The technique of collecting data through observation and tests using the observation sheet and test question. Data collected is analyzed using qualitative and quantitative analysis.  The results showed that the use of visual media can increase the activity and study result of the students.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I A SDN 7 Metro Pusat. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media visual. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal tes. Data yang terkumpul dianalisisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media visual.


References


Asrori, Mohammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Asyhar, H. Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Diani, Dewi. 2013. Jenis-jenis Media Kekurangan dan Kelebihannya. Online. (http://dianidewi.blogspot.com/2013/06/jenis-jenis-media-kekurangan-dan.html. Tanggal akses 9 Februari 2014 @ 14.15 WIB).

Fathurrohman, Pupuh & M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.