PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Fitri Andriana, Rapani Rapani, Asmaul Khair

Abstract

This research caused by the study result of students were low. The aims of research were to increase the study result of students by implementing Resource Based Learning approach in fourth grade of Bumi Jawa State Elementary School Batanghari Nuban East Lampung. The kind of this research is classroom action research with planning, acting, observing, and reflecting step. The instrument of data collection used observation sheet and test questions.  Technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The research showed that implementation of  Resource Based Learning can increase the learning result.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Resource Based  Learning dikelas IV SD Negeri 4 Bumi Jawa Batanghari Nuban Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan Resource Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, pendekatan resource based learning, tematik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.