COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Dian Antika, Asmaul Khair, Mugiadi Mugiadi

Abstract


The background of this research were low motivation and learning result at the first grade of B class at state elementary school Metro Utara. The aims of this research were to improve motivation and learning result by the implementation of cooperative learning type examples non examples model. The kind of research was classroom action research was executed through 3 cycles. Every cycles consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection used observation sheet and worksheet test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The results of research showed that implementation of cooperative learning type examples non examples model can improve motivation and learning result of students.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas I B SDN 1 Metro Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe examples non examples. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang didapat dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe examples non examples dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: examples non examples, hasil, motivasi



References


Isjoni. 2007. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. 2013. Modul Implementasi Kurikulum 2013: Materi Pelatihan Guru SD Kelas 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sumiati & Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Belajar.

Tim Penyusun. 2009. UU Sisdiknas (UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta: Sinar Grafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.