PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK

Fahmi Tamimi, Ahmad Sudirman, Siti Rachmah Sofiani

Abstract


This research was distributed by low attitude at confidence and critical thinking skills of students in the thematic learning class IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat. The aims of research were to increase confident attitude and critical thinking skills by  implementation of model problem based learning (PBL). The method of research was classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection used non test and test. The data collected are then analyzed using qualitative and quantitative analysis. The results of research showed that  implementation of model problem based learning (PBL) for thematics learning can improve confident attitude and critical thinking skills of student.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap percaya diri dan keterampilan berfikir kritis siswa kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan sikap percaya diri dan keterampilan berfikir kritis dengan menerapkan model problem based learning (PBL). Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis  kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan sikap percaya diri dan keterampilan berfikir kritis.

Kata kunci: keterampilan berfikir kritis, model problem based learning, sikap percaya diri.


References


Faiq, Muhammad. 2013. Karakteristik Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Kurikulum 2013. www. penelitiantindakankelas.blogspot.com /2013 / 07/karakteristik-pendekatan-ilmiah-scientific-dalam-kurikulum-2013.html. diakses pada 31 Januari 2014 pukul 10.20 WIB

Fisher, Alec. 2009. Berfikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta.: Erlangga.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (PERMENDIKNAS) Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI). Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 67 Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Modal Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Rusman. 2010. Model- model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Thantaway. 2005. Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grasindo.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Kemendikbud

Wardhani. 2008. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.