HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI ORANG TUA DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR

Dwi Indah Maharani, Baharuddin Risyak, Nazaruddin Wahab

Abstract


This research is motivated by the low activity of learning and student learning result and motivation of the parents who are known from the observation result. The purpose of this study was to determine the relationship between parental motivation and learning activities with learning result of grade V Public Elementary School 4 Natar students year 2013/2014. This research is the study population, collecting data using questionnaires to parents of  motivational and learning activities, and the value of the UTS for learning result data. Data were analyzed using Product Moment correlation formula. Result showed that there is a positive relationship between parental motivation and  learning activities with learning result of students with a correlation coefficient of 0,432 and F value 15,554.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa serta motivasi orang tua yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi orang tua dan  aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Natar tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian populasi, pengumpulan data menggunakan angket untuk motivasi orang tua dan aktivitas belajar, dan nilai hasil UTS untuk data hasil belajar. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi orang tua dan aktivitas belajar dengan hasil belajar PKn siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,432 dan Fhitung sebesar 15,554.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, motivasi orang tua.


References


A.M, Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Maharani, Winda. 2011. Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Integrated Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V A SD Negeri 1 Metro Timur Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi: Universitas Lampung

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohman, Arif. 2013. Memahami Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.