PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Riri Afrilia, Alben Ambarita, Yulina Hamdan

Abstract


The aims of research were to increase the activities and study result of students  by implementation of Problem Posing models. The method of research was classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection used non test and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The results of research showed that implementation of Problem Posing models for thematics learning can improve the activities and study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Posing. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Posing dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar siswa, model problem posing


References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajara Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sa’ud, Udin Syaefuddin. 2006. Pembelajaran terpadu. Bandung: UPI PRESS.

Sudiatmaja, Kojat. 2008. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Suryosubroto, A. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Thobroni, M & Arif Mustofa. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Tirtarahardja, Umar & La Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidkan Nasional. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Yus, Anita. 2006. Penilaian Portofolio Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.