PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR
Abstract
The aims of this research were to increase the self confidence and the learning result by implementation of problem based learning strategy. The kind of research was classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection used non test and test. The technique of data analyze used qualitative and quantitative analyze. The results of research showed that implementation of problem based learning strategy can increase the self confidence and the learning result of students.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, percaya diri, strategi pembelajaran berbasis masalah.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyadi. 2007. Budi Pekerti 6. Jakarta: CV Sinar Cemerlang Abadi.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tim Penyusun. 2009. UU Sisdiknas (UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta: Sinar Grafika.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.