PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The research were based on the low activity and the study result of the students. The aims of research were to increase activity and study result of the students through numbered heads together learning model. The method of research was Classroom Action Research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and test. Qualitative and quantitative technique were used to analyze data. The results of the research showed that the implementation of numbered heads together learning model can improve the activity and study result.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran numbered heads together. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, model pembelajaran numbered heads together.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Citra.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slavin, Robert, E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Terjemahan oleh Lita 2009. Bandung: Nusa Media.
Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.