METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
Abstract
The aims of research were to increase activity and learning result by implementing role playing method. The method of research was classroom action research that consist of plans, actions, observation, and reflection. The technique of data collection used non test and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The results of research showed that implementation of role playing method for thematics learning can improve activity and learning result of student.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan metode role playing. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklusnya, yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, role playing.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Depdiknas. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Jakarta: Dikti.
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud Republik Indonesia.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik.. Yogyakarta: Diva Press.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Belajar. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Tarigan, Herman. 2011. Jurnal Pendidikan Progresif. Lampung: Unit Database dan Publikasi Ilmiah FKIP Unila.
Zain, Aswan, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.