PENERAPANAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Fatih Istiqomah, Sarengat Sarengat, Muncarno Muncarno

Abstract


The aims of this research are to increase the motivation and the learning result of the students through the implementation of guided discovery learning. The kind of this research is Classroom Action Research consists with planning, acting, observing, and reflecting. Collecting the data use observation sheet to the motivation data, and the learning result data use test. Qualitative data is analyzed with the qualitative analyzes technique, whereas the learning result data is used quantitative analyzes technique. The result of the research showed that the implementation of guided discovery learning can increase the motivation and the learning result of the students. This case can be seen from the percentage of student motivation in cycle I (52,63%), cycle II (84,21%) increase by 31,58%. Percentage of the learning result in cycle I (63,165), cycle II (84,21%) increase by 21,05%.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model guided discovery learning. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data motivasi dan untuk data hasil belajar menggunakan tes. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kualitatif , sedangkan data hasil belajar digunakan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model guided discovery learning  dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase motivasi siswa pada siklus I (52,63%), pada siklus II (84,21%) meningkat sebesar 31,58%. Persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I (63,16%), pada siklus II (84,21%) meningkat sebesar 21,05%.nilai rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa menunjukkan kategori baik.

Kata kunci: guided discovery learning, hasil belajar, motivasi.


References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Eggen, Paul & Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hernawan, Asep Herry. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nupita, Evi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. [Tidak diterbitkan].

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 3 Tentang Pendidikan. Jakarta: Mendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.