PENERAPAN STRATEGI PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Diah Susanti, Alben Ambarita, Nelly Astuti

Abstract

The  aims  of  this  research  were to  increase  the  activities  and  study result  of students  by implementing  of  PAIKEM  strategy.  The  method  of  research  was Classroom Action Research. The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analyze used qualitative and quantitative technique. The result of the research showed that the implementation of PAIKEM strategy increase the activities and study result of students.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi PAIKEM. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian  tindakan  kelas.  Alat  pengumpul  data menggunakan  lembar  panduan observasi  dan  tes.  Teknik  analisis  data  menggunakan  analisis  kualitatif  dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, strategi PAIKEM

Full Text:

PDF

References

Azkiyatunufus. 2011. Pengertian Strategi PAIKEM (http:blogspot.com, diakses pada 17 Februari 2014)

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2009. Konsep Startegi Pembelajaran.Bandung: PT Refika Aditama.

Kunandar.2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Muhammad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto.2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Undang-Undang Nomor 20.2003.Sistem Pendidkan Nasional. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.