PENERAPAN STRATEGI CONCEPT MAPPING UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK
Abstract
The aims of research were to increase motivation and study result by implementation of concept mapping strategy. The method of research was classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection used non test and test. The technique of data analyze used qualitative and quantitative analyze. The results of research showed that implementation of concept mapping strategy for thematics learning can improve motivation and study result of student.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan menerapkan strategi Concept Mapping. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Concept Mapping dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, motivasi, strategi concept mapping.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asan, A. 2007. Concept mapping in Science Class: A Study of fifth grade students. Jurnal Educational Technology & Society,Vol 10 Edisi 1 (Online), Hal186-195 Tersedia http://jurnal.pdii.lipi.go.id/jurnal penelitian pendidikan/. (Di Akses Minggu, 9 Juni 2013 @ 15.20)
Febriani, Lisnawati. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping). (Online). Tersedia http://ejournal.unpak.ac.id/download.php?file=mahasiswa&id=520&name=6.%20jurnal%20lisnawati.pdf. Jurnal Penelitian. (Di Akses Kamis, 20 Februari 2014 @13.47)
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iqbal, A Muhammad. 2012. Penerapan Strategi Pembelajaran Concept Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Di Kelas XII IPS 2 SMA YPI Amir Hamzah T.A 2012/2013. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Medan. Tahun 2012. (Online). Tersedia http://digilib.unimed.ac.id/UNIMED-Undergraduate-0122698/24063. Jurnal Penelitian. (Di Akses Kamis, 25 April 2013 @ 16.05)
Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Dikti.
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogyakarta: DIVA Press.
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tim Penyusun. 2003. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Wardhani. 2008. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.