PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF
Abstract
The research was based of the low activity and the study result of the students. The aims of research were to increase activity and study result of the students through productive creative learning model. The method of research was Classroom Action Research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and test. Qualitative and quantitative technique were used to analyze data. The results of the research showed that the implementation of productive creative learning model can improve the activity and study result.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kreatif produktif. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kreatif produktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model kreatif produktif.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Aditya Media.
Hanafiah, Nanang & Suhana. 2010. Konsep dan Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Kencana.
Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran. Inovatif Komtemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zulkifli. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kreatif. (online/http://bantaengbaruga-safety.blogspot.com/2011/03/penerapan-model-pembelajaran-kreatif.html/, diakses pada 31 Mei 2013).
Refbacks
- There are currently no refbacks.