PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
Abstract
The aims of this research were to increase the activity and learning result with implementation of problem solving method and graphic media. The method of this research was Classrom Action Research that consist of planing, acting, observing and reflecting. The instrument of data collection use observation sheet and test. The technique to analyze the data were used qualitative and quantitative technique. The result of the research showed that the implementation of problem solving method and graphic media for thematics learning can increase the activity and learning result of affective, cognitive, and psychomotor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode problem solving dengan media grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode problem solving dengan media grafis pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, media grafis, problem solving.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri & Azwan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prihatin, Eka. 2008. Guru Sebagai Fasilitator. Bandung: Karsa Mandiri Persada.
Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grfindo Persada.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.