PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Aqmarina Ferial, Muncarno Muncarno, Nelly Astuti

Abstract


The aims of this research were to increase the activity and study result of student by implementation of problem based learning model and graphic media. The method of the research was Classroom Action Reserach. The instrument of data collection used observation sheet and test. Technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result showed that the student activity in cycle I “Moderately Active” to be “Active” in cycle II. The result study of affective in cycle I “Quite” to be “Good” in cycle II, psychomotor in cycle I “Quite Skilled” to be “Skilled” in cycle II, and percentage of the cognitive completeness in cycle I 68% to be 80% in cycle II.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based  Learning dengan media grafis. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa siklus I “Cukup Aktif” menjadi “Aktif” pada siklus II. Afektif siswa siklus I “Cukup” menjadi “Baik” di siklus II, psikomotor siswa siklus I “Cukup Terampil” menjadi “Terampil” pada siklus II, dan persentase ketuntasan kognitif siswa siklus I sebesar 68% menjadi 80% pada siklus II.

Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, media grafis, problem based learning

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers..

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook. Bandung : Kaifa.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safei. 2007. Penggunaan Media Grafis. (online/http://ejurnal.uinalauddin.ac.id/ artikel, diakses pada 15 November 2013)

Supinah. 2010. Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika di SD (versi ebook). Pusat Pengembangan dab Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika. Yogyakarta. Diunduh pada 27 Januari 2011 dari: http://ebook.p4tkmatematika.org/2010/06/ pembelajaran- kemampuan-pemecahan-masalah-matematika-di-sd/.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakara: Kencana.

Wardhani, IGAK. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.