PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

Rimbawati Hesti Hardiyanto, Alben Ambarita, Yulina Hamdan

Abstract


The aims of research were to increase activity and study result with implementation of contextual approach. The method of research was Classroom Action Research that  consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and test. Qualitative and quantitative technique were used to analyze data. Implementation of contextual approach can improve the activity of thematics learning and study result of cognitive, affective, and psychomotor.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa.

Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, pendekatan kontekstual.


References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It Is Here to Stay. California USA: Corwin Press Inc.

Johnson, E.B.. 2006. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center.

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Septiyani, Rizky. 2014. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas VA SDN 8 Metro Barat (skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudrajat. 2008. Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif. Jakarta: Prenada Media Group.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sumantri, Mulyani & Nana Syaodih. 2007. Materi Pokok Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Supinah, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta: Depdiknas.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yulmaiyer. 2007. Penggunaan Kamus Bahasa Indonesia untuk Memperkaya Perbendaharaan Kata dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.