PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Alvi Cahyaningrum, Ahmad Sudirman, Yulina Hamdan

Abstract


This research was motivated by the lack of student’s activity and the student’s learning outcomes by the average value of middle semester on Civic Education of elementary school 7 West Metro academic year 2012/2013. The researcher used classroom action research (PTK) method in this research. It consists of two cycles which is every cycle consists of 4 steps; planning, acting, observing and reflecting. The data collecting technique used observation and student’s  learning test. Data analysis  technique were qualitative analysis and quantitative analysis. The research showed that the average value of student’s activity in cycle I (65,45%), cycle II (79,00%) that increase by 13,55%. The average value of student learning out comes can be seen from the average value in cycle I (62,11), cycle II (77,50), that increase by 15,39 and cycle III. The completeness of study in cycle I (38,89%), cycle II (83,33%) increase by 44,44%.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai mid semester pada mata pelajaran PKn Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (65,45%), pada siklus II (79,00%) meningkat sebesar 13,54%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (62,11), pada siklus II (77,50) meningkat sebesar 15,39. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I (38,89%), pada siklus II (83,33%) meningkat sebesar 44,44 %.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode problem solving.


References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Ruminiati. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan SD. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Syafir. 2011. Metode Pemecahan Masalah atau Problem Solving. http://www.syafir.com/2011/01/09/metode-pemecahan-masalah-problem-solving (Tanggal akses, jum’at 14 desember 2012. @ 15.35 WIB).

Wardhani, IGAK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.