PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS

Septa Inda Yuli, Darsono Darsono, Siti Rachmah Sofiani

Abstract


The purpose of this research is to increase motivation and student learning outcomes on social studies in fourth grades of B at SD N 1 East Metro by using a Problem Solving method. The method that was used in this research is classroom action research. It consists of two cycles and each cycle consists of 4 steps; planning, acting, observing and reflecting. Data collecting instrument used in this research are observation sheet for student motivation and teacher’s performance and student learning test. The result of data collecting were analyzed by using a qualitative and quantitative analysis. It can be seen from the average motivation of students in the first cycle (53,96), then increased (24.16) to (78.12) in second cycles. Average of learning outcomes in first cycle (67.73) increased by (8.41) into (76.14) in second cycles. The percentage of students at mastery learning first cycle is (66.66%), then increased (11.11%) to (77.77%) in the second cycle.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS  siswa kelas IV B SD Negeri I Metro Timur dengan menerapkan metode Problem Solving. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi motivasi, kinerja guru, dan tes hasil belajar. Data penelitian ini dianalisis mengunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat rata-rata motivasi siswa pada siklus I (53,96) kemudian meningkat (24,16) menjadi (78,12) pada siklus II. Rata-rata hasil belajar pada siklus I (67,73) meningkat sebesar (8,41) menjadi (76,14) pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah (66,66%), kemudian meningkat (11,11%) menjadi (77,77%) pada siklus II.

Kata kunci: hasil belajar, motivasi, problem solving.

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathurrohman, Pupuh & Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Reftika Aditama.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar, 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sapriya. 2006. Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI PRESS.

Sapriya. 2007. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI PRESS.

Sardjiyo. 2008. Pendidikan IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Depdiknas.

Supinah. 2010. Problem Solving Matematika di SD (ebook). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PATK) Matematika. Yogyakarta. Diunduh pada 29 Oktober 2013, dari http//book.p4tkmatematika.org/2010/06/pembelajaran-kemampuan-pemecahan-masalah-matematika-di-sd/.

Suprayekti. 2004. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika di SD. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Supriatna, Nana. 2007. Pendidikan IPS SD. Bandung: UPI PRESS.

Suprijono, Agus. 2009. Cooverative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wardhani, IGAK. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.