PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PKn

Andi Prayoga, Ahmad Sudirman, Siswantoro Siswantoro

Abstract

This reaserch method employed classroom action research comprised with four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. Data collection technique was done by using observation and the test of learning result. Instrument of data collection employed the observation sheets and test items, afterwards they were analyzed by qualitative data and quantitative data. The research result indicated that there was increasing of avarage score in the students’ activities and the students’ learning result in every cycle. The avarage score of students’ learning activities at the first cycle was 64,38 and increased at the second cycle 78,13. Raising from the first cycle to the second cycle was 13,25. Similary, the avarage score of the students’ learning outcomes also increased, at the first cycle was 69,17, increasing to 75,67 at the second cycle.

Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes kemudian dianalisis dengan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata aktivitas siswa dan hasil belajar siswa setiap siklus. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64,38 dan meningkat pada siklus II sebesar 78,13. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,25. Begitu pula nilai rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 69,17, meningkat menjadi 75,67 pada siklus II.

 

Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, media grafis.

Full Text:

PDF

References

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pemelajaran. Refrensi Jakarta. Jakarta.

Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah, Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Henry, Guntur. 2006. Kapita Selakta PKn. Bumi Aksara.IKIP Malang.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

Rakhmat, Cece dkk. 2006. Psikologi Pendidikan. UPI PRESS. Bandung.

Undang-Undang Sisdiknas (UU RI No. 20 Tahun 2003 PT. Sinar Grafika. Jakarta.). 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.