PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS PADA MATA PELAJARAN PKN

Arlina Jayati, Ahmad Sudirman, Asmaul Khair

Abstract

Purpose of this research is to increase the civic education’s activity and student learning result through the implementation of cooperative learning models in STAD type with grafis media. Type of this research is the classroom action research carried out in 3 cycles. Each cycle is carried out through four stages, planning, implementation, observation and reflection. Collection of data obtained through observation sheet and questions test were analyzed by using qualitative and quantitative analysis techniques. The results showed that the implementation of cooperative learning model in STAD type with grafis media can increase the civic education’s activity and studens learning result. It can be seen from the average value of student activity in the first cycle is 59,003 then increased to 12,547 be 71,55 in the second cycle, and then increased again to9,83 be 81.38 on the third cycle .

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe STAD dengan media grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi serta soal tes yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (59,003) kemudian meningkat 12,547 menjadi (71,55) pada siklus II, selanjutnya meningkat kembali 9,83 menjadi (81,38) pada siklus III.

Kata kunci : media grafis, pkn, stad

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penilitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta. 152 hlm.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 tentang Standar Isi Tujuan Pembelajaran PKn. Jakarta.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta. 308 hlm.

Kidung, Jamaluddin. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, dengan Pendekatan SAVI. http:// jamaluddink1. blogspot.com /2011/07/ model-pembelajaran - kooperatif-tipe-stad.html. Diakses padatanggal 29 November 2012 @09: 56 WIB.

Santyasa, I Wayan. 2007. Landasan Konseptual Media Pendidikan.http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/194704171973032 MULIATI_PURWASASMITA/MEDIA_PEMBELAJARAN.pdf. Diakses 28 Desember 2012 @15.00 WIB.

Slavin, Robert, E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media. Jakarta. 348 hlm

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung. 168 hlm

Tim Redaksi. 2008. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Sinar Grafika. Jakarta. 227 hlm.

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka, Jakarta. 296 hlm

Refbacks

  • There are currently no refbacks.