MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Siti Nuraini

Abstract

The problem in this study was low learning outcomes of  grade students of SD Negeri 02 Gunung Sari. The purpose of this research is to determine the significant effect on the application of inquiry learning model using media on learning outcomes of students. This type of research was experimental research. The research design used non-equivalen control group design. The study population numbered 38 students. The research sample used ordinal sampling or systematic sampling. Data collection techniques were done by using test and non-test techniques. Data analysis techniques using a simple regression test and t-test sparated varians. The results showed that there was a significant influence on the application of inquiry learning model using media on learning outcomes theme 7 tub-theme 1 students in class V SD Negeri 02 Gunung Sari with = 4,71 >  = 4,45.

 

Keywords: learning outcomes, inquiry, media

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 02 Gunung Sari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri menggunakan media terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalen control group design. Sampel penelitian berjumlah 38 orang peserta didik yang dipilih menggunakan ordinal sampling atau sampling sistematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji statistik t-test sparated varians. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri menggunakan media terhadap hasil belajar tema 7 subtema 1 peserta didik kelas V SD Negeri 02 Gunung Sari dengan  = 4,71 >  = 4,45.

Kata Kunci: hasil belajar, inkuiri, media

Full Text:

PDF

References

Ahyani, Fahmi., & Suwartini, Iis. 2020. Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Teks Eksplorasi Kelas VIII SMPN 1 Sewon. Jurnal Sekolah PGSD. Vol. 4, hal. 63-69.

Diah RS, Kadek Ayu. dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol. 23, No. 2, hal. 104-112.

Juniati, Ni Wayan., & Widiana, I Wayan. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1, No. 1, hal. 20-29.

Mahmud, S., & Idham, M. (2019). Teori Belajar Bahasa. Syiah Kuala University Press.

Malawi, I. (2019). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. CV. Ae Media Grafika.

Perdiyanto, H. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF DI SDN NGASTEMI 1 Abstrak Abstract Learning model are very important in the learning process . Difficult and ged boned Students i. 2468–2477.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.