PENGGUNAAN STRATEGI PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI

Oktarina Aristyawati, Suwarjo Suwarjo, Siswantoro Siswantoro

Abstract


Fieldwork aims to improve the writing skills of essay graders description VA West Metro Elementary School 9 school year 2012/2013. The strategy used in this research are educational games and strategy through the use of classroom action research or better known as action research. Based on the results of this research is that, through educational games can improve students' writing skills class essay description VA SDN 9 West Metro. Students' essay writing skills description looks increasingly, in the first cycle the average student value was 69.83%, 75.33% and second cycle. The recapitulation of the increase calculated, (1) of the observation before the first cycle to cycle the action increased (9.5%) and (2) from the first cycle to the second cycle increased (5.5%). Similarly, the activities of the students in Indonesian follow the lessons, from meeting to the next meeting, students were very eager to learn.

 Peneitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VA SD Negeri 9 Metro Barat tahun pelajaran 2012/2013. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui strategi permainan edukatif dan dengan menggunakan classroom action research atau lebih dikenal dengan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, melalui permainan edukatif dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VA SDN 9 Metro Barat. Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa terlihat semakin meningkat, pada siklus I rata-rata nilai siswa adalah 69,83%, dan siklus II 75,33%. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung, (1) dari hasil observasi sebelum dilakukannya tindakan siklus ke siklus I meningkat (9,5%) dan (2) dari siklus I ke siklus II meningkat (5,5%). Begitu pula dengan aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa Indonesia, dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, siswa terlihat sangat bersemangat untuk belajar.

 Kata kunci : permainan, edukatif, menulis, karangan deskripsi.


References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara. Soekamto. 2009.

Panduan E-Tugas Akhir PJJ S1 PGSD. Jakarta : Ditjen Dikti Depdiknas. I.G.K Wardani, dkk, 2004.

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Suyatno. 2005.

Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: PT Grasindo. Sutarno. 2007.

Kapita Selekta. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Resmini, Novi, dkk. 2006.

Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.