Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Kemampuan Komunikasi Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus R.A Kartini Metro Timur yang disebabkan oleh kurangnya kompetensi professional guru dan kemampuan komunikasi peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan kemampuan komunikasi dengan kemampuan berpikir kritis.Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 177 orang peserta didik dan sampel berjumlah 125 orang peserta didik menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu, kuesioner, observasi, wawancara. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan kemampuan komunikasi dengan kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar 0,76 berada pada taraf “Kuat”.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Bialik, M. dkk. 2015.Character Education for the 21st Century: What Should Students Learn?.Boston: Massachusetts.
Lestari, Allies Sri. 2018. Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Contekstual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Menulis Puisi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 5 Surakarta Semester 2 Tahun 2015/2016. Jurnal Pendidikan Konvergensi: Jurnal Pendidikan Konvergensi. 5: 17-30.
Muhibbin Syah. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta. Rajawali Press
Mundakir 2006. Komunikasi Keperawatan: Aplikasi Dalam Pelayanan, Edisi. Pertama. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Noor, Fahriza. 2019. Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.Vol 05-01.
Rifa'ah. 2016. Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta. Deepublish.
Romli, Nurul Faizah. 2016. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Negeri Jerukpurut 1 Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pendidikan. 15: 250-200.
Rosyida, dkk. 2016. Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Remap TmPS (Reading Concept Map Timed Pair Share). Jurnal Pendidikan. 13: ;/’`LP209-214.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta Kencana
Yanti, Sepni. 2015. Pengaruh Konsep Diri Dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.Vol 5-3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.