Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 03 Margo Mulyo
Abstract
The purpose of this research is to describe the application of a scientific approach assisted by multimedia in improving learning outcomes in mathematics subject matter geometry for fourth grade students. This type of research is classroom action research. Research sample determined using purposive sampling with a total number of class IV students, namely 30 students. The data analysis used comparative descriptive analysis by comparing the baseline data of the cycle I and the cycle I of data followed by reflection. The results of the study of 30 students after participating in the teaching and learning process with a multimedia-assisted scientific approach from the percentage of pre-cycle completeness of 47% increased in cycle I to 63% and after reflection in cycle II increased to 79% of students who had achieved completeness scores. The conclusion of this research, a multimedia-assisted scientific approach can improve the quality of student learning outcomes in mathematics subject matter building.
Keywords: Learning Outcomes, Multimedia, Scientific Approach.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik berbantuan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi bangun datar pada siswa. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling purposive dengan jumlah seluruh siswa kelas IV yaitu 30 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan baseline data siklus I dan data siklus II diikuti oleh refleksi. Hasil studi dari 30 siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dengan pendekatan saintifik berbantuan multimedia dari pesentase kentutasan pra siklus 47% meningkat pada siklus I menjadi 63% dansetelah dilakukan refleksi pada siklus II meningkat menjadi 79% siswa yang telah mencapai nilai ketuntasan. Kesimpulan dari penelitian pendekatan saintifik berbantuan multimedia dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika materi bangun ruang.
Kata kunci: Hasil Belajar, Multimedia, Pendekatan Saintifik.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT. Rineka Cipta. 412 hlm.
Batubara, D. S. 2017. Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 3 No. 1.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta. Penerbit Gava Media. 136 hlm.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas.
Gagarin, Y. Muhammad, dkk. 2014. Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah terhadap Kinerja Guru di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur. (Tesis). e_journal Program Pascasarjana UNHAS. 8 Oktober 2014. http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/6ac336932b3ec1a415c4767d5cc0684f.pdf. Diakses pada 20 Februari 2020.
Huda N. H. Penerapan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. 13 Januari 2016. http://pd.pps.uny.ac.id/berita/penerapan-media-pembelajaran-dalam-kegiatan-belajar-mengajar-di-sekolah-dasar.html. Diakses pada 25 Februari 2020.
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung, Alfabeta. 374 hlm.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. PT. Prestasi Jakarta, Pustakaraya. 215 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.