Pengaruh Model TPS dan Model NHT Terhadap Hasil Belajar Kelas V SD

Indah Agusta, Maman Surahman, M. Coesamin

Abstract


The problem in this study is the low learning outcomes of grade V students of SD Negeri 1 Natar. The purpose of this study was to determine the effect of applying TPS learning model and NHT learning model to students' thematic learning outcomes. This type of research is quantitative research. The research method used was an experiment in the form of one group pretest posttest design. This study uses purposive sampling, as many as 56 students. Data collection methods use tests, observations and documentation. Data analysis uses simple linear regression formula and multiple linear regression. The results of data analysis can be concluded that there is an effect of the application of the TPS learning model and the NHT model on the thematic learning outcomes of students in class V of SD Negeri 1 Natar academic year 2019/2020.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Natar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TPS dan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian  yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan eksperimen dengan bentuk one group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, sebanyak 56 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi.  Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran TPS dan model NHT terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 1 Natar  tahun pelajaran 2019/2020.


Kata kunci:  hasil belajar, model pembelajaran, TPS, NHT


References


Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, pro- gresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif /TK). Jakarta: Prenadamedia Group.

Fitriani, E. (2014). Perbandingan model pembelajaran kooperatif numbered head together (NHT) dengan konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi ketenagakerjaan di Kelas VII SMP Negeri 2 Jangka. Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi.

Halimah, L. (2017). Keterampilan mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Margono. (2010). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Mercer, N., et al. 2019. Dialogue, thinking together and digital technology in the classroom: some educational implications of a continuing line of inquiry. University of Cambrige, United Kingdom. International Journal of Education Researt.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.