Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik

Yollanda Eka Pratama, M. Coesamin, Loliyana Loliyana

Abstract


The problem in this research is still low learning outcomes of elementary school students 2 Harapan Jaya. Research aims to determine the influence of learning model for learning outcomes in class IV thematic learning SDN 2 Harapan Jaya. The type of research is experimental studies with the method of experimental quasi. Design Research using Nonequivalent control group design. The population of this research is class IV students at SDN 2 Harapan Jaya with a total of 122 students. Sampling using non probability sampling is learners of class IV A and IV B. Data collection techniques using test techniques and non test techniques. Data analysis uses a simple linear regression formula. Analysis results showed a significant influence of 27.15 is greater than Ftabel of 3.24 (27.15> 3.24) in the application of Learning Model Inquiry to the results of thematic learning in students of Class IV SD Negeri 2 Harapan Jaya Bandar Lampung.

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik SD Negeri 2 Harapan Jaya.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiriterhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 2 Harapan Jaya.Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen.Desain penelitian menggunakan nonequivalent control grup design.Populasi penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV di SDN 2 Harapan Jaya dengan jumlah 122 peserta didik.Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu peserta didik kelas IV A dan IV B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes.Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasilanalisis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan sebesar 27,15 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,24 (27,15>3,24) dalam penerapan model pembelajaraninkuiri terhadap hasil belajar tematik pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Harapan Jaya Bandar Lampung.

 

Kata kunci : belajar, hasil, pengaruh, inkuiri, tematik.


References


Amri & Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Asih, D. P. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar dan Mengajar. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Lidya, N. (2017). Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar. Bandung: Bumi Aksara.

Naniek, K. (2017). Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2013). Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 20 th 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2013. Bandung: Citra Umbara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.